Sabtu, 19 Juli 2014

Kalimantan Tengah DARURAT SDM

Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia khususnya di Kalimanatan Tengah tentu semua sudah tahu. Kaya sangat kaya, hutan kayu kebun batu air udara.Menjadi incaran bagi seluruh mata dunia.

Bagaimana dengan Sumber Daya Manusia (SDM) nya?

Mulai maraknya perusahaan Perkebunan Sawit dan Pertambangan di Kalimantan Tengah.  Memberi harapan pekerjaan bagi masyarkat tentang lapangan pekerjaan.  Tetapi siapkah masyarakat untuk bekerja sesuai dengan lowongan posisi berkompetisi dengan modal kompetensi (hiks hiks hiks.....bahasa opo iki)

"Hayang tatuu amun takam kawan kula warga pulak sanaai hampe mahi katauen modal nampan tau bagawi"
"Sayang bingitzzz kalau kita sahabat kerabat saudara sampai tidak memiliki keterampilan agar siap kerja"

Non Skill:
Nekat melamar pekerjaan datang ke perusahaan dan berkata : "pokoknya saya warga lokal, putra daerah tidak mau menjadi penonton, saya mau bekerja".....begitu ditanya: "Anda punya keterampilan apa? mau kerja bidang apa?".......eh bengong sendiri dengan gaya JuHe (Juju Hetang)...berkata: "barang ja bagawi apa kah..asal bagawi,....jadi tukang sapu gin kada papa....."
Nah nah nah.....INI YANG DISEBUT DARURAT SDM

Bagaimana dengan peraturan tentang 70% Tenaga Kerja LOKAL dan 30% Tenaga Kerja LUAR

Perlu kerjasama kesadaran pola pikir yang bersinergi antara Lembaga Pendidikan-Pemerintah-Dunia Kerja


sementara sampai disini...tangan mulai pegal, otak mulai juet 
Nyari duit dulu untuk isi perut keluarga, klo ada waktu lagi saya sambung

Tetap JOSS

Amsal 17:17

1 komentar:

Rawins mengatakan...

aku paham benar soal ini...
kemauan belajar teman teman lokal masih perlu ditingkatkan. aku bela belain tiap cuti borong buku ke gramedia tetap aja pada akhirnya aku yang baca

sarana belajar selalu aku siapkan sampai bilang ke mereka, alat alat lu rusakin asal buat belajar ga masalah biar aku yang bohongin kantor buat pertanggungjawabannya

tiap kali jakarta mau kirim orang suka aku tolak biar teman teman lokal karirnya bisa berkembang tetap saja tidak merangsang mereka mau lebih pinter

apa yang salah..?